0811-1200-4800

Perguruan Tinggi Muhammadiyah
Selanjutnya
Tutup
Bidang Pengembangan Karier dan Kesejahteraan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendukung seluruh mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan mengembangkan usahanya melalui seminar nasional kewirausahaan yang dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023. Acara yang berlangsung di Ruang Amphitarium Kampus IV UAD ini merupakan salah satu rangkaian dari UAD FAIR 2023 yang resmi dibuka langsung oleh Rektor UAD pada Kamis, 20 Juli 2023.
Debian Panjadinata selaku Assistant Vice President Transaction Banking Retail PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jateng-DIY menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut. Pada kesempatan itu ia menyampaikan tentang digital marketing dan pentingnya bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Debian membuka pemaparan materinya dengan menjelaskan bahwa 99% lebih ekonomi Indonesia ditopang oleh UMKM. Hal tersebut merupakan porsi paling besar dalam suatu negara. Maka, jika terjadi apa-apa pada UMKM artinya ekonomi Indonesia juga tidak baik-baik saja. Contoh paling nyata yang dirasakan semua kalangan adalah saat masa pandemi Covid-19. “Dari situlah kita mencoba untuk mengedukasi teman-teman UMKM untuk tetap bisa berjualan dan bisnisnya tetap berjalan walaupun kondisi sedang pandemi. Akhirnya, muncullah strategi pemasaran yang dikenal dengan digital marketing,” imbuhnya.

Digital Marketing

Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek maupun produk menggunakan media digital. “Sebanyak 77% orang Indonesia sudah melek teknologi dan terkoneksi internet. Hampir semua lapisan masyarakat udah sadar teknologi. Dari warga pedesaan hingga perkotaan, semuanya sudah terkoneksi internet. Tidak hanya anak muda, orang tua pun sudah mulai main WhatsApp. Oleh sebab itu, saat ini orang-orang memiliki tujuan buat akses internet,” jelasnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan tentang tujuan dari akses internet. Pertama, untuk mencari informasi, yang pasti banyak macamnya. Termasuk informasi barang yang akan dibeli. Kedua, untuk meriset produk ataupun merek yang ujungnya berhubungan dengan belanja.

Pasar Digital

Dulu masyarakat menganggap bahwa pasar itu adalah tempat berjualan dan bertransaksi secara langsung, seperti pasar Beringharjo, Sentul, dan pasar-pasar pada umumnya. Namun untuk saat ini pasar terbesar dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah pasar digital.


Debian menimpali, “Jika ingin berjualan maka harus mendekatkan diri ke pasar digital. Oleh karena itu, pentingnya digital marketing bagi UMKM agar bisnisnya bisa lebih berkembang dan maju. Saat ini kebutuhan manusia bisa terpenuhi dengan melalui aplikasi. Ketika lapar dan ingin membeli makanan, saat ini tidak perlu keluar rumah. Tinggal pesan lewat aplikasi langsung diantar sampai tempat. Begitu pun ketika ingin membeli barang maupun nonton film, bisa melalui aplikasi tanpa harus mengeluarkan kendaraan.”
Hal tersebut merupakan contoh bahwa pasar terbesar saat ini adalah pasar digital. Para pebisnis itu juga berawal dari UMKM yang pada akhirnya memanfaatkan kemajuan teknologi dan platform digital untuk menjalankan usahanya agar terus berjalan dan banyak kalangan yang bisa mengakses langsung. Media digital tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis dengan mudah.

Problem UMKM Sebelumnya

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reach us on WhatsApp
1