0811-1200-4800

Cybersecurity adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer, jaringan, perangkat, dan data dari serangan atau ancaman siber yang dapat merusak atau mencuri informasi. Dalam era digital yang makin maju, cybersecurity menjadi kian penting karena banyaknya data yang tersimpan dalam sistem dan jaringan yang rentan terhadap serangan siber.
Cybersecurity adalah perlindungan yang melibatkan berbagai teknologi dan metode untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons serangan siber. Contohnya adalah penggunaan firewall, antivirus, enkripsi data, dan manajemen akses pengguna. Selain itu, cybersecurity juga melibatkan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan pengguna dalam mengelola dan mengamankan data dan perangkat mereka.
Serangan siber dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk peretas atau hacker, malware, phishing, dan serangan denial of service (DoS). Serangan siber dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar, seperti pencurian identitas, pencurian data kartu kredit, atau pencurian informasi perusahaan.
Selain itu, serangan siber juga dapat mengganggu operasi bisnis dan merusak reputasi perusahaan.
BACA JUGA: Anggaran Keamanan Siber Diperkirakan Meningkat Tiga Kali Lipat
Untuk melindungi diri dari serangan siber, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Pertama, perlu untuk mengamankan perangkat dan jaringan dengan teknologi keamanan yang tepat dan terbaru. 
Kedua, penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik serta memperbarui perangkat lunak secara teratur untuk menghindari celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh peretas. Ketiga, penting untuk berhati-hati dalam menerima dan membuka email atau pesan yang mencurigakan atau tidak diketahui.
Selain itu, kesadaran dan keterampilan pengguna juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan cybersecurity. Pelatihan dan edukasi tentang cybersecurity dapat membantu pengguna untuk memahami risiko keamanan dan mengambil tindakan yang tepat dalam mengelola data dan perangkat mereka.
Dalam dunia bisnis, cybersecurity menjadi makin penting karena banyaknya data sensitif yang disimpan dalam sistem dan jaringan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadopsi kebijakan cybersecurity yang kuat dan teratur serta melakukan pengujian keamanan secara teratur untuk mengidentifikasi celah keamanan yang mungkin ada dalam sistem mereka.
BACA JUGA: Mayoritas Penipu Online Incar Bisnis Kecil, Begini Modusnya
Secara keseluruhan, cybersecurity menjadi makin penting dalam era digital yang kian maju. Peran teknologi dan kesadaran pengguna menjadi kunci dalam melindungi sistem, jaringan, perangkat, dan data dari serangan siber yang dapat mengancam keamanan dan stabilitas bisnis serta kehidupan.
Editor: Ranto Rajagukguk
Marketeers is Indonesia’s next-gen business media. Our print and digital content is a unique mix of insightful stories and progressive design. We also enlighten readers with flagship events, community clubs, and masterclasses blending thought-provoking speakers and engaging experiences.
© 2012 – 2024 Marketeers. All rights reserved.

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reach us on WhatsApp
1